NOT BALOK

NOT BALOK

A.Pengertian Notasi Balok

1.  Notasi balok adalah Sistem penulisan lagu atau karya musik lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar. Gambar-gambar yang melambangkan bunyi tersebut dituliskan dalam Not balok sesuai dengan tinggi-rendah dan sifat bunyi yang dilambangkan. Dalam materi not balok kita mengenal beberapa istilah yang terdapat didalam materii-materi not balok, seperti paranada, tanda kunci, birama, garis birama, bar, dan garis penutup.

http://kris-smile.blogspot.com/2012/08/pengertian-notasi-balok.html

2. Notasi musik adalah sistem penulisan karya musik. Dalam notasi musik, nada dilambangkan oleh not (walaupun kadang istilah nada dan not saling dipertukarkan penggunaannya). Tulisan musik biasa disebut partitur.Notasi musik standar saat ini adalah notasi balok, yang didasarkan pada paranada dengan lambang untuk tiap nada menunjukkan durasi dan ketinggian nada tersebut. Tinggi nada digambarkan secara vertikal sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horisontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.

http://id.wikipedia.org/wiki/Notasi_musik

3.Notasi balok adalah penulisan lagu/musik dengan menggunakan lambang-lambang pada balok-balok berupa jajaran baris. Agar dapat memahami penulisan not balok, kita harus mempelajari terlebih dahulu bagian-bagian yang ada pada sistem penulisan notasi balok tersebut.

http://kbmmusikspensa.blogspot.com/2011/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

4.  Menurut Soerjolesson

Not Balok adalah simbol bunyi atau simbolnada yang berfungsi menunjukan tinggi randah suatu nada. Memiliki Unsur – unsur paranada, garis birama, bar,tanda kunci, birama dan garis penutup .

http://soerjolesson.wordpress.com

B. Bagian – Bagian Not Balok

a. Paranada

1. Dalam bermain musik, biasanya menggunakan notasi not balok yang ditulis pada garis paranada. Garis paranada secara internasional disebut sebagai stave. Garis paranada terdiri dari 5 garis horisontal sejajar dengan jarak yang sama. Tiap garis dan tiap spasi memiliki bunyi atau nada yang berbeda. Dan untuk memainkan piano, biasanya menggunakan 2 garis paranada seperti berikut.

Pada bagian atas terdapat treble clef atau kunci “G”, karena penulisan tanda tersebut dimulai dari garis ke 2 yaitu nada g. Sedangkan yang dibawah disebut bass clef atau kunci “F”, karena penulisan tanda tersebut dimulai dari garis ke 4 yaitu nada f. Pembacaan nada pada kedua garis sangat berbeda, karena kunci g memiliki nada lebih tinggi dibanding kunci f. Dalam bermain piano, garis paranada atas umumnya dimainkan dengan tangan kanan dan yang bawah dimainkan dengan tangan kiri. Namun, tidak harus kunci g dimainkan dengan tangan kanan ataupun kunci f dimainkan dengan tangan kiri, karena keduanya bisa saja berada dalam 1 garis paranada yaitu bila terjadi pergantian kunci. Apabila dimainkan dari bawah ke atas, maka keduanya akan bertemu pada nada c (do) yang terletak ditengah – tengah antara 2 kunci tersebut.
2.Setelah kita mengenal clef, mari kita melihat bagaimana penggunaannya dalam menulis notasi musik. Dalam notasi musik modern, kita menggunakan apa yang disebut dengan garis paranada (staff) sebagai tempat kita menulis nada, seperti tangga, semakin di atas letak nada pada garis paranada, semakin tinggi pula nada tersebut.

Ada 5 garis lurus, dan 4 spasi pada garis paranada, dan jika nada lebih tinggi atau lebih rendah dari posisi di dalam 5 garis tersebut maka digunakan garis Bantu seperti pada gambar.

Kita dapat melihat bagaimana garis paranada yang mencantumkan kunci G memiliki urutan nada yang berbeda dengan yang mencantumkan kunci F. Berusahalah untuk menghafalkan urutan masing-masing. Cara mudah bisa menggunakan kalimat ini untuk kunci G “Every Good Boy Does Fine” dari nada E-G-B-D-F pada garis dan kalimat “All Cows Eat Grass” dari A-C-E-G di spasi untuk kunci F.

http://indraaziz.net/2010/01/notasi-musik-ii-staff/

b. Garis Birama

1.  bagian /segmen dari suatu baris melodi, yang menunjukkan berapa ketukan dalam bagian tersebut. Misalnya, irama 3/4 maka dalam birama tersebut terdapat 3 ketukan. Pada umumnya suatu birama dibatasi oleh garis birama. Suatu lagu pendek terdiri atas 8 atau 16 birama, sedangkan lagu standar terdiri atas 32 birama.

sumber wikiipedia indonesia || gitar pedia buku pintar gitaris
2.  Garis Birama dibagi menjadi dua
– Garis birama tunggal yang berfungsi sebagai batas  birama.
– Garis Birama Ganda yang berfungsi sebagai penutup lagu

3. Garis birama adalah garis yang dituliskan secara tegak lurus dengan paranada yang berfungsi untuk membatasi antar ruas birama. ( Penyusun)
c. Tanda Kunci

1. Tanda kunci adalah tanda untuk menetapkan letak salah satu nada dalam Not-balok. Untuk menulis partiur gitar digunakan tanda kunci G, artinya dalam not balok tersebut nada G terletak pada garis ke-2.

2. Ada tiga macam kunci yaitu kunci G, kunci F, dan kunci C.

(dari kiri ke kanan: kunci G, kunci F, kunci C alto, dan kunci C tenor)

Kunci yang paling sering digunakan adalah kunci G dan kunci F. Pada kunci G, letak nada G adalah garis paranada yang dilewati lengkungan spiral kunci G. Sedangkan pada kunci F, letak nada F adalah garis paranada yang berada di antara dua titik kunci F.

Selanjutnya setiap naik 1 (memotong garis, kemudian di antara garis, dst), nada akan bertambah tinggi 1. Urutan nadanya adalah sebagai berikut:

C-D-E-F-G-A-B-C’ (terus berulang)

Bila sudah tidak ada garis lagi di bawah atau di atas, dibuatlah garis bantu. Contoh:

http://cecepabdurahman.blogspot.com/2011_07_01_archive.html

 

Lanjut Part 2 Mggu depan salam Soerjolesson

 

About these ads

2 thoughts on “NOT BALOK

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s